Skip to main content

Postcrossing: Meregistrasikan Kartu Pos

TUTORIAL POSTCROSSING
Meregistrasi Kartu Pos


Meregistrasikan kartu pos yang di terima merupakan hal penting dan wajib dilakukan oleh penerima kartu pos. Tujuan utama dari registrasi kartu pos adalah memberitahu pada si pengirim bahwa kita telah menerima kartu pos yang ia kirim. Selain itu, registrasi kartu pos yang dilakukan oleh si penerima akan membuat si pengirim memperoleh kesempatan untuk mendapat kartu pos dari anggota Postcrossing lainnya secara acak. 

Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan langkah-langkah untuk meregistrasikan kartu pos dan pengenalan singkat mengenai album gambar kartu pos yang terdapat pada menu Wall Postcrossing.


A. Cara Meregistrasikan Kartu Pos


1) Login ke akun Postcrossing

 Hal pertama yang perlu dilakukan adalah login  ke akun Postcrossing seperti pada Gambar 1. 


Gambar 1. Halaman Profil Postcrossing 

2) Register a Postcard

Klik tombol REGISTER A POSTCARD atau pilih menu POSTCARDS → Register a Postcard. Selanjutnya, tuliskan ID kartu pos yang tertulis pada kartu pos yang diterima. Kita juga bisa menuliskan pesan singkat Dan ucapan terima kasih untuk pengirim kartu pos pada kotak yang bertuliskan Write a message to the sender. 

Di bawah kotak untuk menulis pesan terdapat check box untuk mengaktifkan pilihan untuk mendapatkan salinan pesan yang kita kirim kepada si pengirim kartu pos. Apabila kita mengaktifkan pilihan tersebut, maka Postcrossing akan mengirim via email salinan pesan yang kita tulis kepada pengirim kartu pos tersebut.



Gambar 2. Registrasi kartu pos



Gambar 3. Notifikasi registrasi kartu pos telah berhasil


B. Album Gambar Kartu Pos

Menu wall pada Postcrossing merupakan album gambar kartu pos yang telah dikirim (Sent), diterima (received), Favorites, dan Popular. Kartu pos Favorites merupakan kartu pos yang kita ‘sukai’. Setiap kali kita menerima dan meregistrasikan kartu pos, kita bisa memberi ucapan terima kasih kepada pengirim, memberi komentar tentang kartu pos, dan menyukai kartu pos tersebut. Sedangkan kartu pos popular adalah kartu pos yang dijadikan favorite oleh orang yang menerima kartu pos yang kita kirim.



Gambar 4. Wall- Received Postcards: Album kartu pos yang telah diterima

Gambar kartu pos dalam album Sent merupakan gambar kartu pos yang di upload oleh pengirim kartu pos. Sedangkan gambar dalam album received akan secara otomatis menampilkan gambar kartu pos yang telah kita registrasikan. Akan tetapi, apabila si pengirim belum mengupload gambar kartu pos yang ia kirim kepada kita, maka kita tidak akan menemukan gambar kartu pos yang kita registrasikan. Seperti halnya yang ditunjukkan oleh Gambar 4, saya tidak menemukan gambar kartu pos yang saya terima setelah saya meregistrasikan kartu pos tersebut. Oleh karena itu, saya akan mengupload gambar kartu pos yang saya terima (Gambar 5) dan saya bisa menjadikannya sebagai salah satu kartu pos favorite saya dengan menekan pilihan ‘favorite’ đź’“seperti yang ditunjukkan pada Gambar 8. 


Gambar 5. Cara mengupload gambar kartu pos yang diterima


Gambar 6. Memilih gambar kartu pos untuk di upload


Gambar 7. Gambar kartu pos berhasil di upload

Gambar 8. Menjadikan kartu pos sebagai kartu pos favorite



Gambar 9. Album received postcard setelah gambar kartu pos berhasil di upload


Setelah mengupload gambar kartu pos, sekarang kita bisa melihat kartu pos yang baru saja saya registrasikan. Demikian cara meregistrasikan kartu pos pada Postcrossing. Video tutorial tentang registrasikartu pos ini dapat pula dilihat pada channel YouTube berikut ini: https://youtu.be/lQYZSNen8uE


Terima kasih dan semoga bermanfaat.



Warmly,

Lovina

Comments

Popular posts from this blog

Rumah Bahasa Surabaya 2017| Belajar Bahasa Gratis

Rumah Bahasa Surabaya | Belajar Bahasa Gratis | Pengalaman Belajar Bahasa di Rumah Bahasa Berawal dari sebuah ketidaksengajaan yang ternyata berujung manis. Ya, itulah yang bisa saya gambarkan mengenai awal saya menemukan Rumah Bahasa Surabaya. Tepatnya pada tanggal 29 Oktober 2017, saya berniat mengunjungi Perpustakaan Kota Surabaya yang berlokasi di kompleks Balai Pemuda, akan tetapi karena saya sedikit ‘tersesat’ dan terlalu jauh memarkir motor saya di kawasan gedung DPRD (yang juga berada di kawasan kompleks Balai Pemuda; Di depan Es Krim Zangrandi jalan Yos Sudarso) maka saya harus berjalan kaki menuju arah perpustakaan yang letaknya tepat di belakang gedung Rumah Bahasa. Alhasil, dalam perjalanan menuju perpustakaan, secara tidak sengaja mata saya tertuju pada sebuah bangunan baru yang bertuliskan ‘Rumah Bahasa.’  Gambar 1. Jalan Yos Sudarso Surabaya Gambar 2. Pintu masuk area parkir Rumah Bahasa yang berada di jalan Yos Sudarso Surabaya Untuk meng

Submit Sitemap (Peta Situs) Blogger

Mendaftarkan Peta Situs (Sitemap)  Blogspot pada Google Webmaster Tools (Google Search Console) Istilah Peta Situs (sitemap) tentunya tidak asing lagi para blogger namun bagi para blogger pemula, mungkin ini akan menjadi sebuah langkah awal untuk mengetahui bagaimana cara kerja Google  dalam melakukan pencarian suatu artikel dengan kata kunci tertentu. Lalu bagaimanakah caranya agar artikel yang kita posting dapat terdeteksi oleh mesin pencari Google dan bahkan ditempatkan dalam urutan teratas mesin pencarian? Berikut ini merupakan pengenalan dasar mengenai cara kerja mesin pencarian pada Google  beserta cara mendaftarkan peta situs blog kita pada Google search console yang diharapkan akan membuat blog kita memiliki banyak pengunjung. A. Google Search Console Google search console  yang sebelumnya di kenal sebagai Google webmaster tools  merupakan sebuah servis gratis yang ditawarkan oleh Google kepada para pemilik web atau blog (webmaster). Google search console  bertujuan

Postcrossing: Membuat Akun Postcrossing

Membuat dan Mengenal Akun Postcrossing Bertukar Kartu Pos dengan Orang Luar negeri Perkenalan pertama saya dengan Postcrossing merupakan hasil dari obrolan sederhana dengan salah seorang teman kamar saya yang berasal dari Yogyakarta. Pada saat itu saya merasa bahwa mengirim surat atau kartu pos merupakan hal yang termasuk langka dijumpai di zaman globalisasi ini. Berawal dari obrolan sederhana tersebut, akhirnya pada tanggal 23 Agustus 2016 saya secara resmi terdaftar sebagai anggota Postcrossing. Sejak terdaftar sebagai anggota Postcrossing, saya semakin menyadari bahwa hal-hal konvensional yang sekarang ini mulai ditinggalkan karena alasan efisiensi dan efektivitas yang jauh berada di bawah alat atau media digital, ternyata akan lebih bisa mendekatkan orang yang jauh, sekaligus membuat kita lebih menghargai kehadiran orang-orang di sekitar. Gambar 1. Notifikasi 1 year anniversary Postcrossing Gambar 2. Koleksi kartu pos Pada kesempatan ini saya akan me