Skip to main content

Rumah Bahasa Surabaya 2017| Belajar Bahasa Gratis

Rumah Bahasa Surabaya | Belajar Bahasa Gratis | Pengalaman Belajar Bahasa di Rumah Bahasa


Berawal dari sebuah ketidaksengajaan yang ternyata berujung manis. Ya, itulah yang bisa saya gambarkan mengenai awal saya menemukan Rumah Bahasa Surabaya. Tepatnya pada tanggal 29 Oktober 2017, saya berniat mengunjungi Perpustakaan Kota Surabaya yang berlokasi di kompleks Balai Pemuda, akan tetapi karena saya sedikit ‘tersesat’ dan terlalu jauh memarkir motor saya di kawasan gedung DPRD (yang juga berada di kawasan kompleks Balai Pemuda; Di depan Es Krim Zangrandi jalan Yos Sudarso) maka saya harus berjalan kaki menuju arah perpustakaan yang letaknya tepat di belakang gedung Rumah Bahasa. Alhasil, dalam perjalanan menuju perpustakaan, secara tidak sengaja mata saya tertuju pada sebuah bangunan baru yang bertuliskan ‘Rumah Bahasa.’ 



Gambar 1. Jalan Yos Sudarso Surabaya



Gambar 2. Pintu masuk area parkir Rumah Bahasa yang berada di jalan Yos Sudarso Surabaya

Untuk mengatasi rasa penasaran, Saya akhirnya memutuskan untuk masuk ke dalam gedung Rumah Bahasa.  Sebagai warga Kota Surabaya, saya pun seolah menemukan harta berharga  yang tak pernah saya sadari, meskipun seringkali saya melintasi area Balai Pemuda.




Gambar 3. Gedung Rumah Bahasa Surabaya di Kompleks Balai Pemuda


Rumah Bahasa berlokasi di Jalan Gubernur Suryo kompleks Balai Pemuda Surabaya dahulunya merupakan Gedung Bioskop Mitra. Namun, pada tanggal 4 Februari 2014, gedung baru yang kini di kenal sebagai Rumah Bahasa di buka dan diresmikan oleh Ibu Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharini M.T. 


Rumah Bahasa Surabaya merupakan tempat pelatihan bahasa gratis yang disediakan oleh pemerintah Kota Surabaya sebagai wujud perhatian untuk mempersiapkan warga Kota Surabaya dalam menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pelatihan bahasa yang ditawarkan oleh Rumah Bahasa antara lain adalah:
  1. Bahasa Arab
  2. Bahasa Belanda
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Inggris
  5. Bahasa Jawa
  6. Bahasa Jepang
  7. Bahasa Jerman
  8. Bahasa Korea
  9. Bahasa Mandarin
  10. Bahasa Perancis
  11. Bahasa Rusia
  12. Bahasa Spanyol
  13. Bahasa Thailand
  14. Bahasa Tagalog


A. Pengalaman dan Prosedur Belajar Bahasa di Rumah Bahasa Surabaya



  • Mendaftar sebagai anggota Rumah Bahasa; KTP Surabaya atau non Surabaya dengan syarat saat ini sedang bekerja / sekolah / kuliah di Surabaya. Setelah terdaftar menjadi peserta, maka kita akan mendapat kartu peserta yang harus selalu kita bawa dan dikumpulkan ke petugas front desk saat kita mengikuti kelas bahasa. Oleh karena itu, sebaiknya kartu peserta sebaiknya di laminasi agar tetap terjaga kerapian dan kebersihannya 😊.

Gambar 4. Kartu Peserta Rumah Bahasa
  • Melihat jadwal kelas. Jadwal kelas dapat di lihat di Fanpage Facebook Rumah Bahasa atau di papan pengumuman yang diletakkan di lobby Rumah Bahasa. Kelas bahasa yang ada di Rumah Bahasa terbagi dalam dua kategori yaitu on the spot dan fixed class. 

Untuk kelas on the spot, Kita dapat datang pada jadwal yang tersedia secara sewaktu-waktu sesuai dengan jadwal yang telah diberikan. Hal ini dikarenakan tidak adanya batasan kuota. Menurut pengalaman saya, saat ini hanya kelas Bahasa Inggris  (Senin-Jumat) dan Bahasa Jerman (Rabu 14.00 – 15.30 ; Kamis & Jumat 10.00 – 11.30), Bahasa Jawa (Kamis 15.00 – 16.30), dan Bahasa Indonesia khusus untuk orang asing / foreigners (Jumat 19.00 – 20.30) yang menyediakan jadwal on the spot yang pasti. Berikut ini jadwal kelas bahasa Inggris on the spot (jadwal terbaru saya peroleh pada tanggal 29 Oktober 2017). Selain itu, terkadang terdapat jadwal on the spot untuk satu hari saja, misalnya bahasa Korea dan Bahasa Tagalog yang telah di jadwalkan pada tanggal 26 Oktober 2017 lalu (Gambar 6). Untuk jadwal kelas on the spot berikutnya,  peserta diharapkan secara aktif mengecek Fanpage Rumah Bahasa.


Gambar 5. Jadwal kelas Bahasa Inggris on the spot



 Gambar 6. Jadwal kelas bahasa on the spot di papan pengumuman Lobby Rumah Bahasa (gambar di ambil pada 29 Oktober 2017)

NB: Jadwal tersebut bisa saja berubah dan diperbaharui. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di Fanpage Rumah Bahasa


Fixed Class: merupakan kelas bahasa yang mengharuskan peserta mendaftar terlebih dahulu dan bersifat “siapa cepat ia dapat.” Hal ini dikarenakan adanya batasan kuota bagi peserta dan juga bahasan materi yang bersifat progresif yang artinya peserta wajib mengikuti kelas dari tingkat dasar atau bagi mereka yang telah memiliki dasar bahasa tersebut disarankan untuk mengikuti kelas dengan tingkatan yang sesuai.

Jadwal kelas untuk fixed class akan diumumkan di Fanpage Rumah Bahasa dan di papan pengumuman. Oleh karena itu, peserta diharapkan terus memantau Fanpage Rumah Bahasa dan segera datang ke Rumah Bahasa untuk mendaftar kelas tersebut apabila telah di buka kelas baru.



Gambar 7. Suasana kelas Bahasa Jerman on the spot bersama native speaker, Ms. Astrid 

Hingga saat ini saya baru mencoba 2 kelas on the spot, yaitu English Conversation Class dan Kelas Bahasa Jerman. Untuk kelas Bahasa Jerman ini diajari langsung oleh dua orang native speaker, yaitu Dennis dan Astrid. Sebagai seorang pemula yang sama sekali tidak memiliki dasar Bahasa Jerman, saya merasa merasa bahwa metode pengajaran di Rumah Bahasa sangat menarik, terutama karena adanya tenaga professional maupun native speaker yang menjadi tutor di kelas. 

Meskipun demikian, untuk kelas on the spot memang dibutuhkan keaktifan peserta dan inisiatif untuk belajar secara mandiri di luar kelas. Hal ini dikarenakan sifat kelas on the spot yang tidak membatasi peserta yang datang, maka bisa jadi peserta datang setelah beberapa kali pertemuan dilaksanakan (contohnya seperti saya yang baru datang hari ini. hehehe). Alhasil, sayapun merasa kesusahan dibandingkan teman-teman yang memang memiliki dasar Bahasa Jerman atau yang sudah sejak awal mengikuti kelas ini. Namun, pelajaran Bahasa Jerman on the spot  hari ini cukup berkesan bagi saya disamping kosa kata yang banyak saya tidak mengerti. Namun, tutor yang sangat sabar dan baik, serta teman-teman yang sangat terbuka untuk mengajari telah berhasil membuat saya bisa mengikuti kelas dengan cukup baik. 


B. Persyaratan Umum

  • Usia minimal 17 tahun (dengan memberikan fotokopi KTP/ Kartu Keluarga)
  • Warga Kota Surabaya (KTP Surabaya)
  • Warga di luar Surabaya (KTP non Surabaya) dengan syarat saat ini sedang bekerja / sekolah / kuliah di Surabaya


C. Tata Tertib Rumah Bahasa

 
Gambar 8. Tata tertib Rumah Bahasa (di peroleh pada tanggal 29 Oktober 2017)


D. Fasilitas di Rumah Bahasa

Selain menyediakan pelatihan bahasa, Rumah Bahasa juga menyediakan pelatihan computer dengan jadwal sebagai berikut ini (di peroleh tanggal 29 Oktober 2017). 

NB:  Jadwal lebih lengkap dapat dilihat di Fanpage Rumah Bahasa

E. Sekretariat Rumah Bahasa 


Jam operasional:
Senin s.d. jumat: 09.00 – 21.00
Sabtu dan Minggu: 09.00 – 16.00
Libur Nasional: Tutup

Jl. Gubernur Suryo Kompleks Balai Pemuda (Ex. Bioskop Mitra)
Telp. 031-5358856
Email: rumah.bahasa.surabaya@gmail.com
Website: rumahbahasa.surabaya.go.id
Facebook Fanpage: Rumah Bahasa Surabaya


Comments

Popular posts from this blog

Submit Sitemap (Peta Situs) Blogger

Mendaftarkan Peta Situs (Sitemap)  Blogspot pada Google Webmaster Tools (Google Search Console) Istilah Peta Situs (sitemap) tentunya tidak asing lagi para blogger namun bagi para blogger pemula, mungkin ini akan menjadi sebuah langkah awal untuk mengetahui bagaimana cara kerja Google  dalam melakukan pencarian suatu artikel dengan kata kunci tertentu. Lalu bagaimanakah caranya agar artikel yang kita posting dapat terdeteksi oleh mesin pencari Google dan bahkan ditempatkan dalam urutan teratas mesin pencarian? Berikut ini merupakan pengenalan dasar mengenai cara kerja mesin pencarian pada Google  beserta cara mendaftarkan peta situs blog kita pada Google search console yang diharapkan akan membuat blog kita memiliki banyak pengunjung. A. Google Search Console Google search console  yang sebelumnya di kenal sebagai Google webmaster tools  merupakan sebuah servis gratis yang ditawarkan oleh Google kepada para pemilik web atau blog (webmaster). Google search console  bertujuan

Postcrossing: Membuat Akun Postcrossing

Membuat dan Mengenal Akun Postcrossing Bertukar Kartu Pos dengan Orang Luar negeri Perkenalan pertama saya dengan Postcrossing merupakan hasil dari obrolan sederhana dengan salah seorang teman kamar saya yang berasal dari Yogyakarta. Pada saat itu saya merasa bahwa mengirim surat atau kartu pos merupakan hal yang termasuk langka dijumpai di zaman globalisasi ini. Berawal dari obrolan sederhana tersebut, akhirnya pada tanggal 23 Agustus 2016 saya secara resmi terdaftar sebagai anggota Postcrossing. Sejak terdaftar sebagai anggota Postcrossing, saya semakin menyadari bahwa hal-hal konvensional yang sekarang ini mulai ditinggalkan karena alasan efisiensi dan efektivitas yang jauh berada di bawah alat atau media digital, ternyata akan lebih bisa mendekatkan orang yang jauh, sekaligus membuat kita lebih menghargai kehadiran orang-orang di sekitar. Gambar 1. Notifikasi 1 year anniversary Postcrossing Gambar 2. Koleksi kartu pos Pada kesempatan ini saya akan me